cumlaude

Kenali Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude. Calon Wisudawan Wajib Tahu!

Bagi Anda yang merupakan seseorang yang pernah menempuh atau sedang menempuh perkuliahan. Tentunya Anda mengetahui dan tidak asing dengan istilah cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude.

Perlu diketahui bahwa setiap mahasiswa yang telah selesai masa studinya baik sarjana atau pascasarjana dan telah melangsungkan wisuda, akan mendapatkan gelar yang berbeda. Gelar yang tertera dalam ijazah mahasiswa. Tidak hanya gelar saja yang didapatkan, namun juga penghargaan.

Perbedaan Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude

Ketika wisuda mahasiswa akan mendapatkan penghargaan. Terdapat tiga penghargaan yang akan didapatkan mahasiswa diantaranya Cum Laude, Magna Cum Laude, dan Summa Cum Laude. 

Ketiganya merupakan penghargaan yang diadopsi dari bahasa Latin yang didasarkan sistem di US (United State). Mari kita bahas satu per satu setiap penghargaan yang akan diperoleh mahasiswa ketika lulus berdasarkan perolehan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

1. Cumlaude

Pada dunia pendidikan penghargaan Cumlaude didefinisikan sebagai “with praise” atau dengan kehormatan. Tentunya semua mahasiswa yang memperoleh gelar ini pasti memiliki IPK tinggi. 

Guna mendapat gelar ini para mahasiswa atau mahasiswi yang berhasil menyelesaikan masa studinya dengan nilai IPK antara 3,5 hingga 3,7.

2. Magna Cumlaude

Apa itu Magna Cumlaude? Magna Cumlaude merupakan istilah yang memiliki arti “With Great Praise” atau dengan kehormatan besar. Mereka yang memperoleh gelar ini memiliki nilai yang melebihi standar Cumlaude atau dapat dikatakan sebagai satu tangga lebih tinggi dari pencapaian Cumlaude. 

Untuk bisa memperoleh gelar ini mahasiswa harus menyelesaikan masa studi dengan rentang IPK 3,8 hingga 3,9.

3. Summa Cumlaude

Selanjutnya yakni Summa Cumlaude. Apa itu? Summa Cumlaude merupakan istilah yang berarti “With HIghest Praise” atau dengan kehormatan tertinggi. Gelar ini mensyaratkan mahasiswa untuk lulus dengan IPK 3.9 hingga 4.0.

Summa Cumlaude merupakan jenis cumlaude terbaik yang menunjukkan kualitas kejeniusan seseorang. Ketika mendapatkan penghargaan ini Anda harus memberikan kerja keras yang tinggi untuk memperolehnya. 

Sebab dengan memperoleh gelar Summa Cumlaude sama halnya mahasiswa atau mahasiswi mendapatkan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang hampir bahkan sempurna. 

Sehingga, jarang sekali mahasiswa yang bisa menyelesaikan masa studinya dengan gelar Summa Cumlaude. Hanya orang-orang pintar dan terpilih saja yang bisa mendapatkannya. Luar biasa, bukan?

Cara Memperoleh Gelar Cumlaude dengan Mudah

Anda sebagai seorang mahasiswa tentunya menginginkan penghargaan di atas. Lantas apa yang harus dilakukan? Perlu diingat bahwa untuk meraih sesuatu hal baik di kemudian hari, seseorang harus mempersiapkannya sejak dini atau jauh-jauh hari. 

Sama halnya dengan pemerolehan penghargaan ini seorang mahasiswa harus mempersiapkannya sejak menjadi mahasiswa baru. Berikut hal yang dapat Anda lakukan:

  • Persiapkan diri sejak menjadi mahasiswa baru.
  • Belajar dengan tekun.
  •  Rajin mencatat dan mendengarkan penjelasan dosen.
  • Mengerjakan semua tugas dengan baik.
  • Selalu maksimal dan optimal dalam menjalani setiap mata kuliah.
  • Pahami buku rekomendasi dari dosen.
  • Perbanyak prestasi akademik maupun non akademik.
  • Kerjakan Tugas Akhir dengan sungguh-sungguh.
  • Menyelesaikan studi tepat waktu.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengetahui perbedaan Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude

Tentunya, gelar tersebut tidak bisa didapatkan semudah Anda membalikkan telapak tangan saja. Raihlah penghargaan tersebut dengan tekad dan kerja keras. Semua orangtua pasti bangga jika menyaksikan anaknya lulus dengan gelar terhormat. Yuk, persiapkan mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.