TIPS MEMBELI GENERATOR DIESEL

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat menilai genset yakni arus masuk yang tinggi yang berhubungan dengan mengawali motor listrik dan transformator, yang umumnya enam kali arus muatan penuh.

Tetapi, arus masuk untuk ragam motor efisiensi tinggi yang diatur ketika ini dapat hampir dua kali lipat jumlah itu.

Akhirnya, sudah menjadi praktik lazim untuk mengambil prasyarat kVA permulaan motor dan transformator sebagai tolok ukur untuk memutuskan ukuran generator.

Kunjungi Juga : Jual Genset Jakarta & Genset Murah

Pendekatan ini kerap kali mengakibatkan generator menjadi terlalu besar untuk melaksanakan muatan motor dan tak didasarkan pada keperluan aplikasi yang sebetulnya. Kecuali itu, mengesampingkan elemen kunci lain yang memainkan peran kunci dalam ukuran generator. Contohnya, harmonik yang disebabkan oleh penggagas frekuensi variabel dan start motor secara berurutan.

Dikala menstarter motor atau transformator, penurunan tegangan dan frekuensi yang besar juga bisa terjadi seandainya ukuran genset tak pas. Kecuali itu, muatan lain yang terhubung ke output generator mungkin lebih peka kepada penurunan tegangan dan frekuensi ketimbang motor atau starter motor, yang bisa menyebabkan persoalan.

Syukurlah bantuan telah dekat. Banyak generator kini bisa dilengkapi dengan solusi untuk memecahkan cara eksitasi ekstra yang dibutuhkan di alternator.

Umumnya, dua pilihan ditawarkan: magnet permanen atau belitan tolong. Keduanya menyediakan generator dengan tiga kali arus nominalnya untuk menutupi puncak lonjakan arus dari motor listrik, untuk durasi minimum sepuluh detik, via arus eksitasi sisa.

Dalam kasus tertentu, pilihan yang lebih canggih malahan tersedia. Contohnya, sebagian generator mempunyai fitur pengatur tegangan otomatis komputerisasi (D-AVR) yang dirancang khusus untuk menangani arus lonjakan tinggi yang berhubungan dengan motor starter dan transformator. Dalam aplikasi tertentu, pengontrol tegangan ragam ini memungkinkan operator untuk mengurangi keperluan generator sebab perilaku transien tenaga bisa dikelola dengan lebih bagus.

Alternatif lain dapat mengaplikasikan cara “Tutup Sebelum Eksitasi” yang menutup pemutus pas ketika mesin mulai berjalan. Hal ini memungkinkan eksitasi meningkat secara berjenjang seiring dengan kecepatan mesin, memungkinkan start yang sungguh-sungguh lembut dari muatan yang terhubung ke generator.

Ini sungguh-sungguh berkhasiat untuk magnetisasi trafo step up di instalasi di mana tegangan menengah dibutuhkan.

Akhirnya, tak perlu lagi membeli generator yang lebih besar dari yang diperlukan cuma untuk memecahkan lonjakan listrik permulaan ketika mengawali. Lebih-lebih lagi, dengan kontrol cerdas dari tegangan generator, yakni mungkin untuk menempuh konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, mengurangi tarif perawatan dan masa gunakan yang lebih lama.

Klik Juga : Genset Silent

KEMAMPUAN MODULAR
Malahan seandainya mengawali dengan cuma satu unit, ada pantasnya bertanya terhadap produsen kelengkapan langkah apa yang bisa diambil untuk memparalelkan satu generator dengan yang lain untuk menyusun instalasi pembangkit listrik modular. Contohnya, apakah generator dilengkapi dengan kesanggupan ini sebagai standar? Juga, berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasangkan dua unit? Dengan banyak generator, pelaksanaan ini bisa memakan waktu kurang dari 10 menit, namun tak seluruh menawarkan kesanggupan ini.

Oleh sebab itu, sungguh-sungguh dianjurkan untuk memeriksa sebelum menjalankan investasi, seandainya kesanggupan ini dibutuhkan di masa akan datang.

Saat dikoordinasikan oleh jaringan pengontrol, generator plug-and-play bisa menyala naik dan turun cocok dengan keperluan tenaga di daerah pada waktu tertentu. Contohnya, cuma satu atau dua yang bisa beroperasi selama jangka waktu muatan rendah, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan sistem yang sama, seluruh unit bisa menjadi aktif dalam jangka waktu permintaan tinggi.

Ada sejumlah manfaat tambahan dari kesanggupan modular. Pertama, keandalan kelengkapan ditingkatkan sebab kegagalan satu unit dikurangi dengan mengkonfigurasi unit yang tersisa untuk meningkatkan output mereka untuk mempertahankan output tenaga yang sama. Kedua, tarif dan lamanya interval servis berkurang, sebab tak perlu menghentikan segala pengiriman tenaga selama operasi pemeliharaan penting.

EFISIENSI BAHAN BAKAR DAN OTONOMI
Berkat sejumlah penemuan desain dan peningkatan efisiensi daya, generator bergerak ketika ini mengkonsumsi bahan bakar jauh lebih sedikit ketimbang yang mungkin dikerjakan lima tahun lalu. Fakta bahwa kelengkapan terupdate bisa berjalan lebih lama dan lebih ekonomis sudah menjadi penyokong besar di balik pertumbuhan pasar. Tetapi, tak seluruh genset sama dan bahan bakar dapat mahal.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menanyakan sangkaan konsumsi bahan bakar terhadap dua atau tiga produsen sebelum menjalankan investasi.

Kecuali itu, modularitas juga berkontribusi pada efisiensi bahan bakar. Contohnya, dengan mengambil pola permintaan aplikasi industri lazim sebagai tutorial, pemakaian generator 1 MVA sebagai sumber tenaga utama bisa berarti konsumsi bahan bakar sampai 1,677 liter tiap-tiap hari. Itu dibandingi dengan sekitar 1,558 liter bahan bakar seandainya tiga generator 325 kVA menjalankan profesi yang sama.

Alternatif untuk generator bahan bakar berkembang ketika ini dan kini termasuk bio-gas dan gas alam. Padahal pasar ini sedang berkembang, penting untuk membicarakan teknologi ini dengan produsen sebelum berinvestasi dalam generator baru.

UKURAN FISIK DAN TRANSPORTASI
Membayar untuk memutuskan apakah unit bisa ditarik atau dimuat ke truk dan untuk memeriksa fitur seperti mata pengangkat dan slot forklift. Dikala mengaplikasikan sebagian generator, ada pantasnya juga memastikan apakah unit bisa ditumpuk di atas satu sama lain untuk pertimbangan tapak dan jalan masuk yang minimal.

Klik Juga Halaman Lainnya : https://www.hartech.co.id/halaman/form/Jual-Genset.html

Info Lainnya : Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.